Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Satelit Inggris Tunjukkan Lokasi MH370

Kompas.com - 17/06/2014, 19:42 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Perusahaan satelit Inggris Inmarsat mengatakan kepada BBC bahwa pencarian pesawat Malaysia Airlines harus dipusatkan di lokasi yang oleh para ilmuwan diyakini sebagai lokasi jatuhnya pesawat.

Komunikasi Inmarsat dengan pesawat itu dianggap sebagai petunjuk terbaik mengenai keberadaan penerbangan MH370.

Pencarian pesawat yang hilang itu saat ini sedang jeda, menunggu hasil pemetaan dasar Samudra Hindia. Ketika pencarian dimulai kembali kelak, "titik" Inmarsat akan menjadi fokus utama.

Namun, sejumlah wilayah lain juga akan diselidiki oleh kelompok-kelompok lain. Otoritas Australia diperkirakan akan mengumumkan daftar lokasi tersebut dalam waktu dekat.

Ilmuwan Inmarsat bisa mengatakan dari waktu dan frekuensi dari sinyal koneksi bahwa pesawat itu kemungkinan besar jatuh di selatan Samudra Hindia.

Prioritas pencarian adalah menyelidiki "ping", dan dua bulan yang dihabiskan untuk mencari 850 kilometer di lantai dasar. Namun, mereka menemui jalan buntu.

"Ini bukan lokasi yang tidak realistis tapi ini lebih jauh ke timur dari kemungkinan jatuh tertinggi," kata Chris Ashton di Inmarsat kepada BBC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com