Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok, Negeri "Pelahap" Robot

Kompas.com - 17/06/2014, 16:10 WIB
KOMPAS.com - Setahun silam, Tiongkok membeli seperlima dari total produksi robot dunia. Reputasi itu, tulis Xinhua (17/6/2014), membuat Negeri Tembok Raksasa sebagai negeri paling jor-joran membeli robot menurut data Aliansi Industri Robot China (CRIA).

Sebaliknya, tetangga Negeri Panda itu, Jepang, menjadi pihak paling banyak menjual robot-robot produksinya. Alhasil, dengan perbandingan ini, China menjadi "pelahap" paling rakus robot-robot tersebut.

CRIA dalam catatannya mengatakan bahwa lebih dari 36.860 industri robot menjual produksinya di pasar China. Jumlah ini menanjak 36 persen dari angka pada 2012.

Sementara itu, 9597 unit robot diproduksi oleh di dalam negeri oleh China. Lalu, 73 persen lainnya berasal dari luar negeri.

Industri robot China menjadi saksi melesatnya pembangunan hampir sepuluh tahun ke belakang. Pendapatan penjualan di sektor ini tumbuh 25 persen per tahunnya. Saat ini, kata Presiden Federasi Industri Permesinan China Wang Ruixiang industri robot masuk dalam daftar 25 industri utama di China termasuk makanan, kimia, elektronik, dan otomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com