Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Pria Diduga Lecehkan Wanita di Tengah Pesta Pelantikan Al-Sisi

Kompas.com - 09/06/2014, 21:46 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan tujuh pria ditahan karena dicurigai melakukan pemerkosaan dalam perayaan pelantikan presiden baru Abdul Fattah al-Sisi Minggu (8/6/2014).

Penahanan terjadi di tengah kemarahan yang meningkat setelah beredar video menunjukkan seorang perempuan muda ditelanjangi dan diperkosa di tengah kerumunan para pria.

Kejadian diduga berlangsung pada pada perayaan pelantikan presiden di Lapangan Tahrir, Kairo, tetapi kini muncul keraguan.

Pekan lalu pemerintah Mesir untuk pertama kalinya menetapkan pelecehan seksual sebagai kejahatan.

Berdasarkan undang-undang baru, pria yang melecehkan perempuan di tempat umum atau secara tertutup terancam penjara maksimum lima tahun.

Sementara itu Presiden Abdul Fattah al-Sisi berjanji mengatasi "terorisme" dan menciptakan keamanan.

Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Mesir itu membantu menggulingkan Presiden Mohammed Morsi dari Ikhwanul Muslimin Juli lalu.

Namun dalam pidato pelantikan, Sisi (59) tidak secara langsung menyebut Ikhwanul Muslim. Ia mengatakan tidak akan ada rekonsiliasi dengan siapa pun yang "tangannya berlumuran darah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com