Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cium Pipi Presiden Festival Film Cannes, Aktris Iran Dikecam

Kompas.com - 19/05/2014, 17:05 WIB
PARIS, KOMPAS.com — Aktris Iran Leila Hatami memicu kemarahan pemerintah negerinya setelah pada Minggu (18/5/2014) tertangkap kamera sedang "cipika-cipiki" dengan Presiden Festival Film Cannes Gilles Jacob.

Foto yang dimuat berbagai media massa Iran ini memicu kemarahan pemerintah yang menganggap Hatami melanggar nilai-nilai perempuan Iran.

"Mereka yang menghadiri ajang internasional seharusnya menjaga kesucian dan kredibilitas warga Iran. Sehingga perempuan Iran tidak akan memunculkan sisi buruk kepada dunia," kata Wakil Menteri Kebudayaan Iran Hossein Noushabadi.

"Perempuan Iran adalah simbol kesucian dan kemurnian. Apa yang dilakukan Hatami di festival Cannes tidak sejalan dengan keyakinan beragama Iran," tambah Noushabadi.

Dilahirkan di tengah keluarga dengan latar belakang perfilman, Hatami dikenal dunia setelah membintang film A Separation besutan sutradara Ashgar Farhadi. Film ini berhasil meraih Piala Oscar untuk katagori film berbahasa asing terbaik pada 2012.

Di Festival Film Cannes, Hatami didaulat menjadi salah seorang juri yang akan menilai puluhan film yang masuk ke dalam festival tahunan ini.

Berdasarkan interpretasi Iran terhadap Islam sejak revolusi 1979, seorang perempuan tidak diperbolehkan melakukan kontak fisik dengan seorang pria yang bukan anggota keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com