Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Solomon

Kompas.com - 13/04/2014, 22:09 WIB


KOMPAS.com
- Gempa berkekuatan 7,4 pada Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Solomon pada Minggu (13/4/2013) pukul 23.36 waktu setempat atau pukul 19.36 WIB.

Peringatan tsunami dikeluarkan Pusat Tsunami Pasifik atau Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) sesaat setelah gempa terjadi untuk wilayah Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Papua Niugini.

Dikeluarkannya peringatan tsunami berdasarkan variabel kekuatan gempa, serta lokasi dan kedalaman pusat gempa. Namun, belum ada kepastian apakah tsunami akan terjadi. 

Update: PTWC telah mengeluarkan bahwa peringatan tsunami berakhir pada pukul 21.42 WIB setelah menunjukkan dalam 2 jam sejak gempa mengguncang tidak terjadi gelombang tinggi.

Pusat gempa bumi di laut pada kedalaman 35 kilometer, berada sekitar 114 kilometer di sebelah selatan Kirakira. Tepatnya pada koordinat 1.451 Lintang Selatan dan 162.069 Bujur Timur. 

Sebelumnya United States Geological Survey (USGS) sempat mencatat gempa tersebut dengan magnitud 7,7 kemudian mengoreksinya.

Gempa juga terjadi di lokasi yang berdekatan pada Minggu pagi waktu setempat dengan kekuatan 7,6 pada Skala Richter.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk Kepulauan Solomon, Papua Nugini dan Vanuatu, namun dibatalkan beberapa jam kemudian setelah terjadi tsunami kecil dengan ketinggian beberapa sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com