Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi 1 Tahun Sakit di Tengah Samudra Pasifik, Navy SEAL Turun Tangan...

Kompas.com - 07/04/2014, 04:00 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

MEKSIKO, KOMPAS.com — Operasi penyelamatan yang kompleks terjadi di Samudra Pasifik ketika bayi perempuan berumur 1 tahun jatuh sakit di lokasi yang berjarak ratusan kilometer dari daratan. Operasi penyelamatan, Sabtu (5/4/2014), melibatkan pasukan elite Angkatan Laut Amerika.

Pada Kamis (3/4/2014), Pasukan Penjaga Pantai Amerika Serikat (US Coast Guard) menerima panggilan darurat tentang bayi yang sakit parah di tengah pelayaran. Menurut blog orangtua bayi itu, Eric Kaufman dan Charlote, mereka berencana menyeberangi Samudra Pasifik.

Dua pekan lalu, mereka angkat sauh dari Meksiko. Bersama pasangan ini, turut berangkat bayi perempuan mereka yang baru berumur 1 tahun, Lyra, dan satu anak lain bernama Cora. Mereka berasal dari San Diego.

Empat anggota Pasukan Penyelamat Wing 129 terjun memakai parasut untuk mendapatkan Lyra di perahu layar berukuran sekitar 10 meter tersebut, menurut keterangan Letnan Dua Roderick B Bersamina untuk CNN.

"Anak itu dalam kondisi stabil. Tim penyelamat akan  terus menemaninya hingga mendapatkan perawatan dokter," kata Bersamina, Sabtu. Meski menolak menyebutkan penyakit bayi itu, para pejabat mengatakan, keluarga ini memiliki semangat yang bagus.

Kapal Angkatan Laut mencegat perahu layar keluarga Kaufman. Paramedis dan keluarga Kaufman akan diterbangkan memakai helikopter ke fasilitas medis yang paling baik. Bersamina mengatakan, tim paramedis ini merupakan tim gabungan yang melibatkan pasukan khusus Angkatan Laut AS, Navy SEAL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com