Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Sukses Uji Coba Pesawat Tanpa Awak Taranis di Australia

Kompas.com - 07/02/2014, 10:24 WIB
Pesawat tanpa awak atau drone milik Inggris yang diberi nama Taranis diluncurkan dalam uji coba penerbangan di wilayah udara yang diperkirakan berada di daerah Woomera di pedalaman Australia Selatan.

Taranis adalah nama Dewa Guntur dalam tradisi masyarakat Celtic. Drone tersebut terlihat melakukan take-off dan melakukan sejumlah manuver di atas wilayah gurun selama uji coba.

Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) tidak bersedia menjelaskan di mana lokasi uji coba. Namun, dalam laporan MoD yang disampaikan ke parlemen Inggris tahun lalu disebutkan Taranis telah menjalankan uji coba penerbangan di Woomera.

MoD menyatakan uji coba ini sukses. "Pesawat uji coba melakukan take-off sempurna, rotasi, dan manuver selama 15 menit penerbangan uji coba," demikian dinyatakan MoD.

"Sejumlah penerbangan Taranis lainnya juga dilakukan tahun lalu, dengan total sejam penerbangan. Ini membuktikan United Kingdom memimpin dalam pengembangan pesawat tanpa awak, yang bisa melakukan serangan tanpa terdeteksi," tambah pernyataan itu.

Pihak militer Inggris menyatakan bisa mengoperasikan Taranis melalui jaringan satelit dari berbagai lokasi dan serupa dengan pesawat pengebom B-2 milik Amerika bisa terbang tanpa terdeteksi radar.

MoD pada Oktober tahun lalu membenarkan informasi dimulainya uji coba penerbangan Taranis, tetapi lokasi tepatnya tetap menjadi rahasia militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com