Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Helat Operasi Akbar Anti-imigran Ilegal

Kompas.com - 09/01/2014, 17:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi punya "gawe"  besar di awal 2014. Menurut warta Bernama pada Kamis (9/1/2014), akan ada operasi akbar anti-imigran ilegal. Tanggalnya, 21 Januari 2014.

"Operasi itu satu hari setelah berakhirnya program pembenahan terhadap imigran ilegal," katanya di Putrajaya.

Ahmad Zahid juga mengatakan ongkos pemulangan imigran ilegal bakal berasal dari tiga pihak. Pertama, dari imigran ilegal itu sendiri. Kedua, dari majikan. Ketiga, dari misi negara asal para imigran ilegal tersebut.

Tak cuma itu, Malaysia juga akan mencatat sidik jari para imigran ilegal itu sebelum yang bersangkutan hengkang. "Kami mencegah mereka kembali lagi," kata Ahmad Zahid.

Malaysia komplain ihwal imigran ilegal yang dianggap menggerus kesempatan kerja bagi warganegaranya sendiri. Sampai dengan Agustus 2012, menurut Departemen Imigrasi Malaysia ada 1,3 juta imigran ilegal. Sementara, ada 1,5 juta imigran yang mengantongi Kartu Bekerja dan Berkunjung Sementara (PLKS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com