Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimbang Manusia, Jumlah Hewan Ternak di Selandia Baru Lebih Banyak

Kompas.com - 16/12/2013, 16:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pertumbuhan jumlah hewan ternak di Selandia Baru hingga kini melampaui pertumbuhan manusia. Data dari lembaga statistik pemerintah menunjukkan, pertumbuhan jumlah hewan ternak itu terbilang pesat, tulis AP pada Senin (16/12/2013).

Lembaga data itu membeberkan catatannya. Dalam enam tahun terakhir sampai dengan akhir Juni 2013, jumlah hewan ternak mencapai 6,6 juta. Jumlah ini sama dengan 1,5 kali jumlah orang Selandia Baru. "Dalam perhitungan kami, pertumbuhan jumlah hewan ternak ketimbang manusia lima kali lebih cepat," kata Manajer Lembaga Statistik Selandia Baru Hamish Hill.

Catatan Hill menunjukkan kalau sejak 2006, pertumbuhan jumlah hewan ternak mencapai 27 persen. "Andai pertumbuhan populasi manusia Selandia Baru setara dengan angka itu, saat ini jumlah manusia di Selandia Baru bahkan kurang dari jumlah 5 juta kiwi," katanya.

Di Selandia Baru, hewan ternak paling banyak jumlahnya adalah domba. Angkanya mencapai 31 juta ekor. Itu pun, menurut catatan sampai dengan 2013 ini, jumlahnya baru berkurang 358.000 ekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com