Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Singapura Tangkap 27 Orang Pelaku Kerusuhan di Little India

Kompas.com - 09/12/2013, 06:10 WIB


SINGAPURA, KOMPAS.com
 — Aparat Kepolisian Singapura telah menangkap 27 orang yang diduga terlibat dalam kerusuhan di kawasan Little India, Minggu (8/12/2013) malam. Akibat kerusuhan tersebut, 10 polisi dan 4 petugas paramedis terluka.

Kerusuhan dipicu tewasnya seorang warga India (bukan Banglades seperti diberitakan sebelumnya), yang berusia 33 tahun, setelah ditabrak sebuah bus. Tak kurang 400 warga berkumpul mengerumuni lokasi kecelakaan sebelum berubah menjadi kerusuhan.

Massa yang marah merusak lima mobil polisi dan membakar satu di antaranya serta satu buah ambulans yang sedianya membawa jenazah korban kecelakaan. Mereka juga menyerang sejumlah paramedis yang tengah berupaya mengambil jasad korban kecelakaan dari kolong bus.

Dalam konferensi pers yang digelar Senin dini hari, Kepala Kepolisian Ng Joo Hee menyatakan bahwa kerusuhan telah diatasi dalam waktu satu jam. Ia menegaskan tidak ada warga Singapura yang terlibat dalam kerusuhan karena menyerang polisi bukan kebiasaan warga Singapura. Seluruh pelaku dipastikan para pekerja asal Asia Selatan.

Sebelumnya diberitakan, pada Minggu pukul 21.23 waktu setempat, sebuah kecelakaan lalu lintas yang fatal terjadi antara sebuah bus swasta dan seseorang di perempatan Race Course Road dan Hampshire Road.

Tak lama kemudian, kerusuhan massa pecah. Massa menyerang paramedis yang tengah melakukan pertolongan, membakar dua mobil, dan merusak sejumlah fasilitas umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com