Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu: Mandela Sosok Pejuang Inspiratif

Kompas.com - 06/12/2013, 07:28 WIB
Ummi Hadyah Saleh

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa, Jumat (6/12/2013), menyampaikan dukacita mendalam atas berpulangnya pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela. Presiden pertama kulit hitam Afrika Selatan itu diumumkan meninggal pada Kamis (5/12/2013) malam waktu setempat atau Jumat pagi waktu Indonesia.

"Kita semua merasakan duka yang sangat mendalam atas wafatnya seorang tokoh dan pejuang yang secara teguh dan prinsipiil menentang apartheid yang keji," ujar Marty melalui layanan pesan singkat kepada wartawan, Jumat pagi.

"Ia (Mandela), tokoh yang menjadi inspirasi di seluruh pelosok dunia, khususnya negara berkembang, untuk menentang rasisme, kolonialisme, dan berbagai bentuk ketidakadilan lainnya," kata Marty.

Mandela meninggal pada usia 95 tahun. Perjuangan Mandela melewati masa kehidupan di penjara selama 27 tahun. Berkali-kali menjalani perawatan di rumah sakit karena infeksi paru-paru berulang, terakhir kali dia meninggalkan rumah sakit pada September 2013, setelah menjalani perawatan selama tiga bulan dan dikabarkan kritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com