Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tornado Tewaskan 5 Orang di AS

Kompas.com - 18/11/2013, 11:14 WIB
CHICAGO, KOMPAS.COM - Sedikitnya lima orang tewas dan puluhan lainnya terluka saat badai dasyat dan tornado brutal meluluhlantakan daerah Midwest, AS, Minggu (17/11 waktu setempat. Para pejabat memperingatkan, jumlah korban bisa saja meningkat.

Sejumlah penerbangan dibatalkan dan puluhan ribu rumah tanpa listrik ketika angin kencang membuat mobil-mobil terjungkal, pohon-pohon besar tumbang dan menimpa tiang-tiang listrik. Tornado itu menyapu kawasan luas di kota Washington di Illinois.

Pihak Gedung Putih mengatakan, Presiden Barack Obama telah mendapat penjelasan tentang badai itu dan akan menerima perkembangan secara reguler.

Kepala Manajemen Darurat Illinois, Jonathon Monken, mengatakan kepada CNN bahwa setidaknya lima orang tewas dalam bencana itu, termasuk dua orang di ujung paling selatan negara bagian itu dan satu orang di Washington. Namun dia memperingatkan, jumlah korban kemungkinan akan meningkat secara signifikan.

Setidaknya dua korban tewas di kota kecil New Minden, kata petugas kamar mayat Washington County, Mark Styninger, kepada AFP. Joseph Hoy, 80 tahun, ditemukan tewas di peternakannya sementara adiknya, Frances (78 tahun), dinyatakan meninggal di rumah sakit.

"Itu terjadi begitu cepat," kata Styninger, yang tinggal hanya sekitar tiga kilometer dari peternakan Hoy.

Televisi setempat melaporkan, sedikitnya 37 orang dirawat di pusat medis di Illinois, tujuh dari mereka menderita luka parah.

Monken mengatakan, sedikitnya 70 rumah hancur di dua daerah yang berbeda, dan ratusan lainnya rusak tetapi tidak tergolong parah. Empat tempat penampungan Palang Merah telah dibuka di zona yang terkena dampak.

Cuaca berbahaya itu telah menyebabkan National Football League (NFL) menunda pertandingan di Chicago dan meminta para fans serta pemain untuk berlindung di stadion. Pertandingan itu dilanjutkan hampir dua jam kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com