Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tornado Tewaskan Satu Ibu dan Bayinya

Kompas.com - 01/06/2013, 12:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Tornado yang menghantam Kota Oklahoma dan sekitarnya menewaskan seorang ibu dan bayinya. Menurut warta AP pada Sabtu (1/6/2013), informasi mengenai korban tewas itu diperoleh dari Petugas Patroli Jalan Raya Oklahoma Betsy Randolph. "Jasad keduanya ditemukan dekat dengan kendaraan yang mereka tumpangi," kata Randolph.

Sementara itu, tayangan televisi lokal Channel ABC13 menunjukkan, angin kencang pada Jumat pagi tersebut menjungkirbalikkan mobil-mobil dan traktor trailer di sepanjang sisi jalan tol. Kejadian itu juga mengakibatkan jatuhnya korban luka.

Pihak Patroli Jalan Raya Oklahoma juga menginformasikan bahwa ada berbagai kerusakan di banyak tempat. Upaya pertolongan mendapat kendala dari hujan lebat yang turun merata.

Sementara itu, pada Kamis (30/5/2013), banjir bandang dan tornado menewaskan tiga orang di Arkansas. Di kawasan itu, tiga orang dilaporkan masih hilang tersapu air bah.

Di Negeri Uwak Sam, sedikitnya terjadi 1.200 tornado setahun. Dari jumlah itu, ada sekitar 60 tornado yang berskala hebat (EF-5) yang meluluhlantakkan kawasan beberapa negara bagian. Tercatat, pada 1950, Oklahoma dan Alabama terlanda tornado jenis ini. Bahkan, dalam setahun, sapuan tornado hingga tujuh kali menghantam Oklahoma dan Alabama.

Pada 20 Mei 2013, tornado jenis EF-5 ini juga menghantam Kota Oklahoma. Tercatat 24 orang meninggal dan 377 luka-luka. Lebih dari 12.000 rumah hancur gara-gara tornado ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com