Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom 1,8 Ton Ditemukan, 20.000 Warga Dortmund Diungsikan

Kompas.com - 04/11/2013, 07:32 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Lebih dari 20.000 orang diungsikan, Minggu (3/11/2013), terkait penemuan dan upaya penjinakan bom seberat 1,8 ton yang merupakan sisa dari Perang Dunia II. Bom itu ditemukan di Dortmund, Jerman.

Sekitar 1.200 personel dari pemerintahan kota membantu mengatur evakuasi warga. Pada Minggu sore, bom itu dinyatakan telah dijinakkan. Diduga, bom tersebut merupakan salah satu bom yang dijatuhkan pesawat sekutu selama operasi pengeboman wilayah industri tradisional Ruhr.

Lebih setengah abad sejak perang dunia kedua berakhir, ribuan bom yang gagal meledak diyakini masih bertebaran di seantero Jerman. Pada Agustus 2013, misalnya, otoritas setempat meledakkan bom seberat 250 kilogram di pusat kota Munich, denga kerusakan pada bangunan di dekat lokasi peledakan.

Pada 2010, satu bom tiba-tiba meledak dan menewaskan tiga orang di pusat kota Goettingen. Sementara pada April 2013, 100 kilogram bom yang gagal ledak dari serangan udara pasukan Uni Soviet ditemukan di pusat kota Berlin dan berhasil dijinakkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com