Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Luncurkan Program Kontrol Elektronik di Perbatasan Libya

Kompas.com - 31/10/2013, 15:08 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Perdana Menteri Libya Ali Zeidan mengatakan kemarin bahwa Italia meluncurkan program perlindungan kontrol elektronik di perbatasan Libya. Menurut pihak Italia, program ini memang terkait dengan berbagai kejadian seputar tenggelamnya kapal pengungsi.

Menurut warta AP pada Kamis (31/10/2013), program itu dipasang mulai dari Owaynat di selatan Aljazair sampai dengan perbatasan dengan Tunisia. "Italia mengatakan berkontribusi pada pembangunan institusi di Libya dalam menghadapi isu-isu keamanan," kata Zeidan.

Sementara Zeidan menambahkan kalau Italia, untuk tujuan tersebut, juga melatih 3.000 tentara Libya.

Catatan menunjukkan kalau pada awal bulan ini, kepolisian Italia bekerja sama dengan aparat Kementerian Dalam Negeri Libya sudah membahas ikhwal migrasi ilegal di Laut Tengah. "Acap, migrasi ilegal tak tertangani oleh otoritas Pemerintah Libya," imbuh Zeidan.

Sejak akhir bulan lalu terjadi kasus-kasus tenggelamnya kapal para pencari suaka ilegal. Catatan sejak 2011 menunjukkan bahwa sekitar 1.000 pencari suaka ilegal tenggelam di Laut Tengah demi mencapai Italia dalam perjalanan dari Libya.

Tragedi kematian itu membuat Uni Eropa mendesak Italia menyiapkan langkah-langkah darurat demi menolong korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com