Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

44 Orang Tewas dalam Kecelakaan Bus di India

Kompas.com - 30/10/2013, 13:20 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.COM - Setidaknya 44 penumpang tewas ketika kebakaran yang dipicu oleh tangki bahan bakar yang meledak melalap sebuah bus di India selatan, Rabu (30/10) pagi.

Kebakaran melanda setelah bus menabrak median jalan raya antara kota Bangalore dan Hyderabad pada sekitar pukul 05.00 pagi, kata juru bicara polisi setempat Venkateshwarlu. "Jumlah korban tewas, yang mencakup anak-anak, 44 orang," kata Venkateshwarlu kepada kantor berita AFP.

Dari 49 orang di dalam bus itu, lima orang, termasuk sopir dan kernet bus, memecahkan kaca jendela dan melarikan diri sebelum api melalap kendaraan itu, menewaskan 44 orang lainnya, kata polisi.

"Pengemudi dan kernet itu mencoba lari, tetapi polisi menangkap mereka dan mereka sekarang dalam tahanan kami untuk ditanyai," kata Venkateshwarlu. Ia  menambahkan, tiga orang lainnya telah dibawa ke rumah sakit setempat.

Sebanyak 131.834 orang tewas dalam kecelakaan di jalan-jalan di India tahun 2011, demikian menurut data Biro Catatan Kejahatan Nasional pemerintah.

Jalan yang buruk, kendaraan yang melaju kencang dan cara mengemudi yang sembrono merupakan salah satu faktor yang berkontribusi.

Tabrakan bus dengan korban tewas dua digit merupakan sesuatu yang lumrah di negara itu. Mei lalu, setidaknya 33 orang tewas ketika sebuah bus yang penuh sesak tergelincir dari jalan lalu jatuh ke sungai berarus deras di negara bagian Himachal Pradesh.

Laporan global Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tentang keselamatan jalan 2013 menemukan, delapan persen dari angka kematian pengguna jalan India adalah sopir bus atau penumpang, sementara 32 persen adalah pengendara sepeda motor atau kendaraan roda tiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com