Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog Nuklir Iran Berujung Optimisme

Kompas.com - 22/10/2013, 18:35 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Dialog termutakhir soal nuklir Iran di Swiss, pekan lalu, berujung optimisme. Para pelobi Iran, sebagaimana warta AP pada Selasa (22/10/2013), mengatakan akan mempersiapkan langkah lebih besar ikhwal isu nuklir itu.

Kendati begitu, para pelobi dari negara-negara selain Iran masih mencatat adanya silang pendapat soal masih besarnya kecurigaan kalau Tehran bakal mengembangkan energi nuklirnya menjadi senjata nuklir. Meski pihak Iran masih merahasiakan tawarannya, sejumlah pelobi masih menanti angka besaran jumlah pengayaan uranium.

Catatan sebelumnya menunjukkan kalau enam negara selain Iran dalam negosiasi itu yakni AS, Inggris, Rusia, China, Perancis, dan Jerman kalau Iran mampu memperkaya material uranium hingga berton-ton. Tapi, Iran sudah membantah soal jumlah uranium yang dimiliki.

Tehran, dalam salah satu kesempatan negosiasi sebelumnya mengatakan cuma punya sekitar 200 kilogram uranium yang sudah diperkaya. Jumlah itu dimanfaatkan untuk pembangkit listrik bagi kebutuhan domestik Iran.

Hingga berita ini diunggah, belum ada informasi soal kelanjutan dialog berikutnya. Kedua belah pihak masih menyusun laporan terkait hasil dialog di Swiss tersebut.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com