Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia "Sadap" Semua Komunikasi di Olimpiade Sochi

Kompas.com - 07/10/2013, 18:25 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Pemerintah Rusia dikabarkan telah memasang sistem pengawasan di semua lokasi yang digunakan untuk pagelaran Olimpiade Musim Dingin tahun depan di Sochi.

Para analis keamanan mengatakan, sistem pengamanan Rusia ini memungkinkan aparat keamanan negeri itu mendengarkan percakapan baik atlet maupun pengunjung.

Sistem pengawasan ini pertama kali dikembangkan dinas rahasia Uni Soviet KGB dalam dekade 1980-an dan terus diperbarui. Demikian seorang analis keamanan Andrei Soldatov, Senin (7/10/2013).

Dari penelitian yang dilakukan Soldatov dan rekannya Irina Borogan, sistem pengamanan bernama SORM itu memberi akses ke semua komunikasi telepon dan internet dalam Olimpiade yang akan digelar Februari mendatang.

Para penyedia jasa telekomunikasi diminta membiayai peralatan dan pemasangan SORM. Meski demikian, para penegak hukum tetap bisa menyadap tanpa perlu mendapatkan izin pengadilan.

"Para operator telekomunikasi tidak tahu kapan FSB (dinas rahasia Rusia) melakukan penyadapan," ujar Soldatov.

Mengutip data dari dokumen yang dipublikasikan Pemerintah Rusia, Soldatov mengatakan, pemasangan sistem pengawasan ini sudah dimulai sejak 2010.

Pemerintah Rusia menyediakan anggaran sebesar 50 miliar dollar AS dalam bentuk anggaran negara dan dana swasta untuk mengembangkan infrastruktur dan jaringan internet di Sochi.

"Ada janji bahwa pengunjung akan memiliki akses WiFi tercepat sepanjang sejarah Olimpiade, dan gratis," tambah Soldatov.

Namun di saat bersamaan, penyedia jasa telekomunikasi nasional Rostelecom memasang sistem DPI (deep packet inspection) di semua jaringan telepon seluler.
Sistem ini memungkinkan FSB tak hanya memantau, tetapi juga menyaring komunikasi.

Rusia, lanjut Soldatov, juga akan membawa pengawasan keamanan ke level baru dengan penggunaan drone serta sonar untuk mendeteksi keberadaan kapal selam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com