Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Terlalu Panjang, Perempuan Hawaii Kerepotan Urus SIM

Kompas.com - 13/09/2013, 22:35 WIB
HONOLULU, KOMPAS.com — Nama perempuan asal Hawaii ini memang kelewat panjang sehingga merepotkan dirinya sendiri terutama saat berurusan dengan berbagai dokumen misalnya kartu tanda pengenal.

Nama perempuan itu adalah Janice "Lokelani" Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele, atau jika dihitung terdiri dari 35 huruf. Panjang bukan?

Selama 20 tahun terakhir Janice selalu bermasalah dengan KTP dan SIM miliknya. Dalam SIM Hawaiinya, Janice "kehilangan" satu huruf di nama belakangnya dan tidak mencantumkan nama depan atau nama tengahnya.

Dulu, kantor gubernur memberikan keistimewaan dengan mengakomodasi seluruh nama Janice yang superpanjang itu dalam KTP Hawaii-nya.

Namun, saat masa berlaku KTP itu habis Mei lalu dan harus diperpanjang, maka nama Janice kembali muncul tidak lengkap. Begitu pula nama yang tertera di dalam SIM.

Kantor pemerintah setempat menyarankan Janice untuk memendekkan atau mengganti namanya. Namun, perempuan itu tidak bersedia karena saran itu dianggap tidak menghormati budaya rakyat Hawaii.

Nama Keihanaikukauakahihuliheekahaunaele diperoleh Janice ketika dia menikahi seorang pria Hawaii yang kini sudah meninggal dunia.

Janice tetap menggunakan nama panjang itu sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum suaminya sekaligus menghargai warisan yang ditinggalkan sang suami.

Sebagai solusi kini, Departemen Transportasi Hawaii tengah mengusahakan penambahan karakter huruf di lembaran SIM hingga 40.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com