Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bawa Anjing Terbang, Siapkan Saja Rp 3,5 Juta

Kompas.com - 12/09/2013, 06:07 WIB
Pieter P Gero

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Siapkan dana 349 dollar AS atau sekitar Rp 3,5 juta jika Anda menghendaki anjing piaraan bisa ikut dalam perjalanan dengan pesawat terbang. Sebuah studio film di Hollywood, Amerika Serikat, membuka pelatihan binatang piaraan agar terbang dengan aman dan tenang menggunakan pesawat komersial.

Dikutip dari AP, Rabu (11/9/2013), The Air Hollywood membuka kelas dengan fasilitas kabin pesawat sesungguhnya, audio, dan simulator untuk melatih hewan piaraan menghadapi kondisi pesawat lepas landas, terguncang dalam cuaca buruk, dan pendaratan. Pelatihan juga mencakup situasi keramaian penumpang di bandara.

Talaat Captan, Presiden dan CEO Air Hollywood, studio film terbesar di dunia dengan tema film penerbangan, menawarkan ide ini untuk melatih anjing para penumpang pesawat, mulai dari bagaimana agar hewan tersebut bisa melewati bagian keamanan bandara, berada di bandara, dan berada di dalam kabin pesawat.

"Biasanya pemilik anjing ini stres dan anjingnya menggonggong," ujar Captan. Dari pengalaman tersebut, dia memunculkan ide soal pelatihan "terbang" untuk anjing. Salah satu dasar idenya juga adalah semakin pentingnya peran anjing dalam sebuah keluarga. Bepergian dengan binatang piaraan, lanjut Captan, pun semakin dianggap lumrah.

Sejauh ini selalu ada pungutan bagi setiap binatang, termasuk anjing, yang dibawa ke kabin pesawat. Namun, kini anjing yang terlatih bisa terbang gratis apabila pemiliknya memberikan dokumentasi penerbangan dan surat pemberitahuan tentang pelatihan yang sudah didapat.

Selama penerbangan, binatang yang sudah terlatih dapat duduk di kaki pemiliknya. Anjing atau binatang piaraan memang tidak diperkenankan masuk dalam kargo pesawat. Jadi siapkan saja biaya Rp 3,5 juta, bila persoalannya adalah binatang-binatang kesayangan yang belum bisa tenang selama penerbangan. Tak perlu lagi ada cerita anjing menggonggong keras apalagi mengamuk karena "terganggu" kondisi penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com