Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Bising Bikin Bangsa Jerman Senewen

Kompas.com - 10/09/2013, 09:32 WIB
BERLIN, KOMPAS.COM - Ada satu hal yang membuat bangsa Jerman senewen: suara bising. ”Satu dari dua orang Jerman terganggu oleh kebisingan, dan kami akan mengubahnya”, demikian manifesto pemilu Partai Uni Kristen Demokrat (CDU) yang berkuasa di Jerman.

Jerman dikenal memiliki peraturan tegas untuk para pembuat bising, antusias menegur anak tetangga yang berteriak terlalu keras atau membuang sampah terlalu pagi pada hari Minggu. Suami Kanselir Angela Merkel, Joachim Sauer, terkenal karena melaporkan kelompok teater yang pentas di seberang apartemen mereka di Berlin, tahun 2001, ke pengadilan. Pasalnya, suara teater itu mencapai 68 desibel, sedikit di atas batas kebisingan 60 desibel.

Menjelang pemilu 22 September, tanpa pernah terjadi sebelumnya, partai politik berlomba-lomba menegaskan niat mereka membuat langit dan jalanan Jerman lebih tenang dan hening. Kata ”kebisingan” muncul 12 kali dalam manifesto CDU, 19 kali dalam manifesto mitra koalisi, Demokrat Bebas (FDP), dan 38 kali di manifesto Partai Hijau.

Namun, sejumlah kebisingan masih bisa ditoleransi. CDU dan FDP menekankan, tahun 2011 pemerintah membatalkan regulasi yang membolehkan warga mengadukan kebisingan anak-anak di taman bermain atau taman kanak-kanak ke pengadilan. ”Suara anak-anak tak merusak lingkungan,” ujar CDU. (Reuters/was)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com