Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robert Mugabe Siap Hormati Hasil Pilpres Zimbabwe

Kompas.com - 31/07/2013, 15:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden Zimbabwe mengatakan siap menghormati hasil pemilihan presiden (pilpres) yang dihelat di negeri itu pada Rabu (31/7/2013). Selain dirinya, kontestan pada pilpres kali ini adalah perdana menteri petahana Morgan Tsvangirai.

Menurut warta AP pada Rabu, pilpres dimulai pukul 06.00 pagi waktu setempat. Acara itu ditutup hingga pukul 12.00 siang. Hasil akhir akan diumumkan secara resmi lima tahun ke depan. Ada 6,4 juta warga Zimbabwe yang mempunyai hak suara.

Robert Mugabe terbilang punya banyak pengalaman jadi orang nomor satu. Soalnya, sudah 33 tahun lamanya ia menjadi Presiden Zimbabwe. Ia memegang kekuasaan setelah Zimbabwe mendapat kemerdekaan dari Inggris. Pascamulai berkuasa sampai sekarang, sosok uzur itu memang belum tergantikan.

Morgan Tsvangirai ini awalnya memang sejalan dengan Mugabe. Namun, setelah jajak pendapat berdarah pada 2008, keduanya menemukan banyak ketidakcocokan.

Tak cuma itu, Tsvangirai terganjal perkara korupsi dan skandal seks. Korupsi yang ditudingkan ke arah Tsvangirai itu terjadi di partainya, Gerakan Perubahan Demokratik (MDC).

Yang menarik, di Zimbabwe tak ada jajak pendapat yang terbilang kredibel. Namun, poling pada Maret-April silam oleh Lembaga Survei William asal AS menunjukkan bahwa 61 persen dari 800 responden berniat memilih MDC. Lalu, ada 27 persennya yang bakal memberi suara kepada partai Mugab, ZANU-PF. "Saya siap menghormati hasil pilpres," begitu komentar Mugabe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com