Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Imax, China Bangun 120 Bioskop Anyar

Kompas.com - 25/07/2013, 12:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Perusahaan film Imax menggandeng China untuk membangun 120 bioskop anyar berkapasitas besar di Negeri Tembok Raksasa itu. Menurut Imax, tulis Xinhua pada Kamis (25/7/2013), China adalah pasar potensial untuk film-film garapan perusahaan berbasis di Negeri Uwak Sam itu.

Di China, Imax bekerja sama dengan Wanda Cinema Line Corp. Perusahaan ini adalah operator bioskop terbesar Asia. Total, Wanda sudah menggarap 210 bioskop yang ada dan dalam rencana. Meski begitu, belum ada informasi berapa banyak uang yang diperlukan untuk kerja sama bisnis ini.

Wanda Cinema adalah bagian dari Grup Wanda. Pada 2012, grup ini mengakuisisi perusahaan jaringan bioskop AS, AMC Theatres.

Sementara itu, perjanjian termutakhir yang pernah diteken adalah instalasi sistem proyektor laser generasi terbaru untuk 120 bioskop dimaksud. Dari jumlah itu, 80 unit di antaranya tengah dalam pengerjaan.

Selain dengan China, Imax yang mempunyai tiga markas besar di AS yakni New York, Toronto, dan Los Angeles juga mengumumkan bahwa bulan ini sudah bekerja sama dengan operator jaringan bioskop terbesar asal Korea Selatan, CJ CGV. Kerja sama itu bakal membangun tambahan 35 bioskop di China dan 5 di Korea Selatan.

Wanda Cinema sampai sekarang mengoperasikan 119 bioskop dengan 1.100 layar. Pada semester pertama tahun ini perusahaan itu dilaporkan memperoleh pemasukan 1,6 miliar yuan atau setara dengan 260 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com