Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menemukan Uang Setengah Miliar Rupiah, Relawan Penjaga Toko Lapor Polisi

Kompas.com - 19/07/2013, 08:42 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

BRISBANE, KOMPAS.com — Seorang relawan penjaga toko mengembalikan uang senilai tak kurang dari setengah miliar rupiah, yang ditemukan di dalam tas bekas dagangannya. Dia melapor ke polisi sampai pemilik sah uang tersebut pun bisa ditemukan.

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Jumat (19/7/2013), seorang pembeli mendatangi sebuah toko barang bekas dan memilih sebuah ransel. Ketika relawan penjaga toko membuka semua retsleting ransel di depan kasir toko, uang sejumlah 50 ribu dollar Australia dalam pecahan 100 dollar berjatuhan ke lantai.

Penyelidikan untuk menemukan siapa pemilik uang itu butuh waktu sekitar tiga bulan. Sersan Dan McNamara, polisi dengan pengalaman 27 tahun, mengatakan belum pernah sekali pun menemukan kasus serupa selama bertugas di Sunshine Coast, sebuah daerah wisata sekitar 100 kilometer di utara Brisbane.

McNamara pun menyimpulkan uang tersebut telah jatuh ke tangan penjaga toko paling jujur di Australia. Dalam kasus ini, satu-satunya bukti kepemilikan yang menjadi modal pelacakan untuk mendapatkan pemilik sah uang tersebut hanya secabik kertas bertulisan tangan di ransel itu.

Kabar penemuan uang di toko barang bekas milik Palang Merah di Kawasan Pomona itu menyebar cepat. Orang yang mengaku-aku sebagai pemilik pun berdatangan ke kantor polisi. "Sekitar enam orang datang. Tapi, mereka salah menyebut pecahan uang yang ditemukan," ujar McNamara. Keterangan yang meragukan memberi keyakinan kepada polisi bahwa keenam orang itu bukan si pemilik uang.

Akhirnya, polisi menelusuri jalur pasokan barang bekas ke toko. Belakangan seorang berusia lanjut teridentifikasi sebagai pemilik uang tersebut. Penelitian forensik pun memastikan tulisan tangan orang itu tepat sama dengan tulisan tangan di secabik kertas yang ditemukan dari dalam ransel. Setengah miliar rupiah tersebut sudah kembali ke pemiliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com