Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Selamatkan Candi Angkor Wat

Kompas.com - 05/07/2013, 08:45 WIB
Pieter P Gero

Penulis


PHNOM PENH, KOMPAS.com — Kamboja bergandengan tangan dengan Australia dalam upaya menggunakan jaringan internet guna mengumpulkan dana bagi perbaikan kompleks candi Angkor Wat yang kondisinya kian memprihatinkan.

Kedutaan Australia hari Kamis (4/7/2013) sebagaimana dikutip kantor berita AP, mengumumkan belum lama ini membuka situs web, angkorsunsets.com, yang akan memberikan informasi dan rekomendasi kepada para turis dari lokasi kompleks kuil seluas 400 meter persegi itu. Dengan begitu, seseorang bisa melihat suasana spektakuler saat matahari terbenam.

Kuil Angkor Wat dibangun antara abad ke-9 dan abad ke-14, dan sejauh ini dikunjungi sekitar 2 juta orang per tahun. Namun, kehadiran para turis untuk melihat bangunan dan pemandangan spekutakuler saat matahari terbenam bisa membahayakan bangunan fisik candi dan juga keindahannya.

Karenanya, situs web ini juga mengimbau para turis dan siapa saja untuk menyumbangkan dana bagi perbaikan dan pemeliharaan candi Angkor Wat yang sudah cukup uzur dimakan usia, dan rusak saat terjadi perang sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com