Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Perketat Pengawasan Penjualan Susu Formula Bayi

Kompas.com - 21/12/2013, 21:41 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Otoritas pengawasan obat dan makanan China memperketat pengawasan penjualan susu formula bayi. Pengawasan itu meliputi semua lini mulai dari distribusi hingga penjualan, tulis Xinhua  pada Sabtu (20/12/2013).

Pemerintah pusat China juga meminta regulator keamanan pangan untuk mengecek kualitas susu produsen. "Pemeriksaan acak dan pemantauan risiko harus diperkuat," kata Badan Pengawasan Obat dan Makanan China (CFDA).

CFDA memerintahkan agar produsen susu tidak membeli bahan dari sumber-sumber ilegal. "Peraturan ini dibuat untuk menyambut Tahun Baru dan liburan Musim Panas mendatang," kata CFDA.

Kepercayaan publik China terhadap produk susu domestik melorot pada 2008. Kala itu, pemerintah menemukan adanya kandungan melamin pada susu bubuk bayi. Kejadian pencemaran itu menewaskan enam orang bayi.

Sementara itu, reputasi produk susu impor di China sempat tercoreng pada Mei 2012. Waktu itu, protein gandum pada produksi susu Fonterra asal Selandia Baru tercemar bakteri beracun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com