Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2019, 07:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

EINDHOVEN, KOMPAS.com - Bocah usia 9 tahun yang sejatinya bakal jadi sarjana termuda dunia di Belanda dilaporkan keluar dari universitas karena masalah tanggal wisuda.

Laurent Simons menjadi tajuk berita pada November lalu setelah menyelesaikan pendidikan teknik listrik di Eindhoven University of Technology.

Bocah asal Belgia itu harusnya dijadwalkan lulus Desember ini, dan bakal membuatnya menjadi sarjana termuda dunia.

Baca juga: Bocah Jenius Berumur 9 Tahun Ini Bakal Lulus Sarjana, Sudah Berencana Ambil S3

Kemudian setelah lulus, orangtuanya menyatakan bahwa bocah 9 tahun dengan IQ 145 itu berencana mengambil S3 sekaligus mempelajari kedokteran.

Tetapi dilansir Sky News Selasa (10/12/2019), orangtua Laurent Simons tiba-tiba memutuskan menarik anaknya dari universitas.

Pasalnya, pihak kampus menyebut Laurent masih harus menyelesaikan beberapa ujian yang dijadwalkan berlangsung sebelum ulang tahunnya pada 26 Desember.

"Laurent jelas-jelas anak berbakat, yang menyelesaikan studinya dalam kecepatan tak terduga," terang kampus dalam rilis resminya.

Eindhoven University menawarkan "skema cepat" di mana dia masih bisa lulus pada pertengahan 2020 mendatang.

Tetapi orangtua Laurent nyatanya tidak menerima tawaran tersebut, dan memutuskan menarik anaknya dari Belanda.

"Hingga pekan lalu, segalanya berlangsung baik. Tapi kini mereka berkata ada penundaan enam bulan," ujar sang ayah, Alexander Simons.

Alexander menerangkan, sejatinya tanggal wisuda tidak pernah menjadi masalah bagi mereka, hingga pihak kampus mendengar mereka berencana meneruskan S3 Laurent di negara lain.

Direktur salah satu program di Eindhoven University berujar, Laurent tiga kali lebih pintar dari mahasiswa tercerdas yang mereka punyai.

"Segalanya jadi sangat aneh sejak kami mengungkapkan niat kami membawa Laurent meneruskan S3 di universitas lain," kata Alexander.

Dia mengklaim, ada banyak kampus yang tertarik menerima Laurent. "Dia adalah anak unik di mana semua pihak ingin bekerja sama dengannya," tuturnya.

Laurent, bocah yang mengagumi ilmuwan Serbia-Amerika Nikola Tesla, sudah mengungkapkan dia ingin membuat organ buatan manusia.

Adapun menurut Guinness Book World of Records, sarjana termuda adalah warga AS bernama Michael Kearney, di mana dia lulus di umur 10 tahun 4 bulan pada 1994 silam.

Baca juga: Ingin Jadi Astrofisikawan, Bocah Jenius Lulus Kuliah di Usia 11 Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com