Kompas.com - 21/11/2019, 07:47 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel mengklaim, mereka menggelar "serangan skala besar" dan menyasar puluhan target milik Iran di Suriah.

Dalam pernyataan resminya, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyebut operasi itu untuk membalas tembakan roket yang dilakukan proksi Teheran.

Suriah menyatakan dua korban tewas dengan sistem pertahanan mereka merontokkan sebagian besar rudal Israel yang menyasar Damaskus.

Baca juga: Serangan Israel Bunuh Komandan Milisi Jihad Islam di Jalur Gaza

Laporan lokal menyebutkan ledakan terdengar di ibu kota, dengan sejumlah foto di media sosial memperlihatkan bangunan yang terbakar.

Pada Selasa pagi (19/11/2019), Tel Aviv mengklaim mereka mencegat empat roket yang ditembakkan sebelum mencapai kawasan mereka.

Dilansir BBC Rabu (20/11/2019), negara yang dipimpin Perdana Menteri Benjamin Netanyahu itu sudah melakukan ratusan serangan ke Suriah sejak 2011.

Mereka mengklaim, "serangan skala besar" itu dilakukan untuk menghapus "keberadaan militer" Iran, dan mencegah senjata dikirim ke Hezbollah, salah satu proksinya.

Pejabat senior dari keamanan Israel menuturkan, mereka mengubah peraturan, di mana sekecil apa pun yang datang bakal dibalas besar-besaran.

Baca juga: Ibu Hamil Palestina dan Putri Balitanya Tewas Kena Serangan Israel

Apa yang Israel Katakan?

Pada Rabu dini hari waktu setempat, IDF mengklaim mereka melakukan serangan besar-besaran terhadap Pasukan Quds serta angkatan bersenjata Suriah.

"Selama serangan, sebuah rudal dari sistem pertahanan Suriah ditembakkan meski kami memperingatkan untuk tak melakukannya. Hasilnya, sejumlah pertahanan mereka hancur," klaim IDF.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.