Kompas.com - 19/06/2019, 14:14 WIB

MIAMI, KOMPAS.com - Angkatan Laut Amerika Serikat akan mengirim kapal rumah sakit USNS Comfort yang ditetapkan pekan ini ke Karibia dan Amerika Latin dalam misi membantu para pengungsi Venezuela.

Pengumuman pengerahan kapal rumah sakit itu disampaikan Wakil Presiden AS Mike Pence, yang didampingi Kepala Komando Selatan AS Laksamana Craig Fuller, di hadapan sekelompok warga Venezuela di Miami, Selasa (18/6/2019).

"Kami bersama kalian," kata Pence dalam bahasa Spanyol, yang disambut teriakan "Amin!" dari warga Venezuela.

Pengerahan kapal rumah sakit itu dijadwalkan dimulai pada Kamis (20/6/2019) dan akan menjadi misi kedua kapal tersebut di wilayah itu dalam setahun terakhir untuk membantu para pengungsi Venezuela.

Baca juga: Krisis Venezuela: Kapal Rumah Sakit dari China Berlabuh di La Guaira

Dalam perjalanan misi kemanusiaan selama lima bulan, kapal rumah sakit USNS Comfort akan singgah di Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Grenada, Haiti, Jamaika, Panama, Republik Dominika, St Lucia, dan St Kitts and Nevis.

PBB memperkirakan hingga 3,3 juta orang telah melarikan diri dari krisis yang terjadi di Venezuela sejak awal 2016. Banyak yang berjalan kaki melalui negara-negara tetangga.

Para pengungsi asal Venezuela itu berpindah ke negara-negara tetangga, dengan yang terbanyak diterima Kolombia sekitar 1,3 juta, kemudian diikuti Peru dengan 750.000 pengungsi.

Pence menyalahkan kegagalan kebijakan sosial Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah memicu terjadinya krisis berkepanjangan.

Namun Maduro balik menyalahkan Washington, yang telah menjatuhkan sanksi kepada rezim pemerintahannya, atas kehancuran perekonomian negara itu yang dulu kaya akan hasil minyak bumi.

Selama perjalanan tersebut, tim medis dari Angkatan Laut AS akan memberi perawatan di atas kapal maupun di lokasi-lokasi kamp medis di darat.

Halaman:
Sumber AFP,CBS Miami
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.