Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tuhan, Semoga Pria Ini Kehabisan Peluru"

Kompas.com - 15/03/2019, 15:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

CHRISTCHURCH, KOMPAS.com — Sejumlah saksi mata mengungkapkan kengerian ketika terjadi penembakan di Masjid Al Noor dan Linwood Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3/2019).

Seorang saksi yang tak ingin disebutkan identitasnya menuturkan, dia langsung memecahkan jendela masjid begitu mendengar suara tembakan.

Baca juga: Penembakan Masjid di Selandia Baru, Ini Fakta yang Berhasil Terhimpun

Kepada CNN, saksi mata itu mengungkapkan awalnya dia hendak pergi ke toilet tatkala teroris mulai masuk dan memberondongkan senapan serbunya.

"Saya berpikir apa yang terjadi. Namun, mereka terus menembak dan menembak. Saya memecahkan jendela ketika suara tembakan terus terjadi," ujarnya.

Kemudian saksi lain yang selamat mengatakan bagaimana dia berdoa dan memohon supaya teroris tersebut berhenti melakukan aksinya.

"Saya hanya bisa menunggu dan berdoa 'Tuhan, semoga pria ini kehabisan peluru'," tutur saksi tersebut dan menambahkan, seorang jemaah sempat memintanya sembunyi.

Yang dia tahu kemudian, teroris itu menembak pria tersebut tepat di dadanya. Sebelumnya, teroris berpenampilan kamuflase militer datang dan menembaki jemaah masjid.

Penembakan yang diperkirakan terjadi pukul 13.40 waktu setempat ketika Salat Jumat itu menewaskan 40 orang dan melukai 20 orang lainnya.

Beberapa jam setelah penembakan, polisi mengatakan empat orang, terdiri dari tiga pria dan satu perempuan, telah ditangkap.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menyatakan, bom ditemukan telah terpasang di mobil teroris dan segera dinonaktifkan militer.

Salah seorang di antara empat orang yang ditangkap, menurut PM Australia Scott Morrison, adalah warga negaranya dengan media merilis identitasnya sebagai Brenton Tarrant.

Salah seorang teroris dalam manifestonya berkata dia berusia 28 tahun dan sengaja datang dari Australia untuk melakukan aksinya.

Baca juga: Teroris Penembakan Masjid Selandia Baru Sengaja Datang dari Australia untuk Melakukan Aksinya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com