Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makassar Ingin Jalin Kerja Sama Kota Kembar dengan Gold Coast

Kompas.com - 05/03/2019, 13:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Makassar akan menjalin kerja sama kota kembar atau sister city dengan Gold Coast, sebuah kota di negara bagian Queensland, Australia.

Penandatanganan dokumen pernyataan kehendak (Letter of Intent) telah dilakukan bersama oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dengan Wali Kota Gold Coast Tom Tate di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (4/3/2019).

Selain penandatanganan LoI, kedatangan wali kota Gold Coast itu sekaligus dalam rangka kegiatan Australia Eastern Indonesia Tourism Forum (AEITF) 2019 yang digelar Konsulat Jenderal Australia di Makassar.

Danny, sapaan akrab wali kota Makassar, menerangkan kehadiran wali kota Gold Coast itu menjadi bukti bahwa Kota Makassar semakin mendunia dan keberadaan Konsulat Jenderal Australia di kota itu menjadi bukti arti penting Kota Makassar bagi Australia.

Baca juga: Semarang Gandeng Jepang Jadi Sister City

"Dalam kegiatan tadi juga hadir konsulat jenderal (konjen) kita di Sidney dan konjen Australia di sini. Mereka yang sebelumnya telah berembuk untuk sepakat membawa wali kota Gold Coast ke Makassar," ujar Danny dalam rilis Konsulat Jenderal RI Sidney, Selasa (5/3/2019).

Selain rencana dengan Kota Makassar, Gold Coast di Australia sebelumnya telah menjalin kerja sama sister city dengan Taipei di Taiwan dan juga Dubai, Uni Emirat Arab.

"Ini merupakan hal yang luar biasa karena mereka (Pemerintah Gold Coast) tertarik langsung dengan Makassar. Ini adalah suatu kebanggaan tersendiri," ujar Danny.

Usai penandatanganan dokumen LoI, Danny dan Tom membahas kerja sama di berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan dengan pertukaran pelajar dan mahasiswa, pariwisata, hingga bidang lingkungan, dengan mengubah sampah menjadi sumber energi.

Disampaikan bahwa Kota Makassar ingin belajar dari Gold Coast dalam mengelola pantai sebagai sumber pendapatan dan salah satu destinasi pariwisata unggulan.

Disampaikan Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Hubungan Antarlembaga, Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Subolo, hubungan Makassar dan Gold Coast selama ini telah terjalin melalui program pertukaran pelajar.

Baca juga: Tarik Turis China, Semarang-Nanjing Jalin Kerja Sama Kota Kembar

Melalui kerja sama sister city yang akan terjalin ini diharapkan dapat membantu mendorong penguatan kerja sama kedua kota di bidang lainnya.

"Kami di Konsulat Jenderal RI Sydney menyambut baik komitmen kedua pemerintah kota dalam menjalin kerja sama sister city. Dalam kapasitas kami, kami siap membantu proses selanjutnya menyusun Memonrandum of Understanding (MoU) dan rencana aksi untuk benar-benar mengisi kerja sama ini," ujar Heru.

"Perjanjian Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) yang baru saja ditandatangani oleh Pemerintah Indonesia dan Australia mencakup berbagai kemudahan di sektor pendidikan, vokasi, dan pariwisata. Kehadiran IA-CEPA tentunya akan membantu akselerasi realisasi kerja sama sister city," pungkas Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com