Kompas.com - 04/12/2018, 15:56 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Perwakilan dari pergerakan gilets jaunes (Rompi Kuning) dilaporkan tidak akan bertemu Perdana Menteri Perancis Edouard Philippe.

Deutsche Welle melaporkan Senin (3/12/2018), Jacline Mouraud dan Benjamin Cauchy memutuskan tak bertemu dengan Philippe karena "alasan keamanan".

Baca juga: Atasi Unjuk Rasa Rompi Kuning, Polisi Paris Tembakkan Gas Air Mata

Mereka berdua mengaku telah menerima kabar akan adanya ancaman mati jika nekat untuk melakukan negosiasi dengan pemerintah.

Philippe berniat untuk bertemu dengan para pengunjuk rasa setelah mendapat permintaan dari Presiden Emmanuel Macron.

Kantor Perdana Menteri pada Senin mengumumkan bakal melaksanakan "tindakan" untuk memadamkan aksi unjuk rasa yang sudah berlangsung selama dua pekan itu.

Dilansir AFP Selasa (4/12/2018), Philippe berniat mengumumkan penundaan kenaikan pajak bahan bakar yang seharusnya diagendakan 1 Januari 2019.

Sumber dari internal pemerintah mengatakan, pengumuman itu bakal dilanjutkan serangkaian penanganan untuk memadamkan demonstrasi.

Pergerakan gilets jaunes dimulai awalnya sebagai bentuk protes kenaikan harga solar yang kebanyakan digunakan oleh warga Perancis.

Melalui pajak itu, Macron bermaksud menciptakan lingkungan yang lebih baik. Namun para pengunjuk rasa menyebut Macron tidak melihat sektor yang begitu mengandalkan transportasi.

Pergerakan yang awalnya menentang pajak bahan bakar berubah menjadi kemarahan atas naiknya biaya hidup, hingga kebijakan ekonomi Macron.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.