Kompas.com - 19/11/2018, 19:23 WIB

ZHUMADIAN, KOMPAS.com - Kabut tebal telah memicu insiden tabrakan beruntun di sebuah jalan raya di China, Senin (19/11/2018) pagi.

Jarak pandang yang rendah telah menyebabkan sebanyak 28 truk dan kendaraan besar lainnya mengalami tabrakan beruntun di ruas jalan raya Daguang di Zhumadian, provinsi Henan, sekitar pukul 07.20 pagi.

Diberitakan media pemerintah, CCTV, puluhan kendaraan tersebut saling bertabrakan saat akan memasuki ruas jalan raya yang menghubungkan Daqing dengan Guangzhou.

Akibat kecelakaan yang melibatkan puluhan truk tersebut, setidaknya tiga orang dilaporkan meninggal di lokasi kejadian. Selain itu, belasan pengemudi kendaraan dilarikan ke rumah sakit.

Baca juga: Kabut Tebal, Puluhan Kendaraan Tabrakan Beruntun di Abu Dhabi

Petugas di lapangan masih berupaya menyelamatkan para pengendara yang terjebak di antara kendaraan yang bertabrakan hingga sore hari.

Melansir dari SCMP, sejumlah truk besar yang terlibat dalam kecelakaan tersebut mengangkut muatan berupa buah-buahan, material bangunan, hingga mobil.

Biro Prakiraan Cuaca Provinsi mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan peringatan akan adanya kabut tebal pada Senin pagi. Mereka mengeluarkan peringatan oranye, atau peringatan tertinggi kedua.

Dilaporkan tingkat visibilitas atau jarak pandang di ruas jalan tempat terjadinya kecelakaan, di kota Zhumadian, maupun kota-kota terdekat adalah kurang dari 200 meter sejak pagi hingga siang hari.

Hingga Senin sore, separuh jalur di ruas jalan tempat terjadinya kecelakaan beruntun masih diblokir karena tumpukan bangkai kendaraan.

Setidaknya empat mobil pemadam kebakaran telah dikirim oleh dinas pemadam kebakaran ke lokasi insiden. Sementara petugas menyatakan masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan.

Baca juga: Kabut Tebal Tutupi Bandara di London, Semua Penerbangan Terganggu

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SCMP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.