Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Serdadu Rusia Tewas dalam Serangan di Tengah Kabut Tebal di Chechnya

Kompas.com - 24/03/2017, 16:24 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Enam prajurit Rusia tewas dalam sebuah serangan yang dilancarkan kelompok pemberontak pada Jumat pagi (24/3/2017), di kamp militer Chechnya.

Sementara, di pihak pemberontak enam pemberontak pun terbunuh. Data tersebut dilansir pihak Garda Nasional yang dikutip kantor berita AFP.

Garda Nasional Rusia yang dibangun tahun lalu, menjadi badan baru di dalam tubuh pasukan militer Rusia yang bertugas mengamankan wilayah perbatasan, dan pemberantasan terorisme.

Badan ini berada di bawah kendali langsung Presiden Vladimir Putin, dan ditempatkan daerah rawan di utara wilayah kaukasus, termasuk Chechnya.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, Garda Nasional menyebut kelompok pemberontak berupaya menyerang pangkalan militer itu di tengah kabut tebal.

Penyerangan terjadi pada pukul 2.30 dinihari waktu setempat, atau pukul 06.30 WIB, namun upaya itu tepergok pasukan pengaman yang lalu melepaskan tembakan. 

"Enam pelaku serangan berhasil dibunuh," demikian tertulis dalam pernyataan itu.

"Di tengah kontak senjata yang terjadi, enam militer Rusia tewas dan sejumlah lainnya terluka."

Namun dipastikan, tak ada satu pun anggota kelompok berhasil masuk ke lokasi kamp militer tersebut.

Pasukan kontra terorisme, para inverstigator, dan para pakar bahan peledak dari pasukan keamanan kini terjun ke lokasi kejadian.

Chechnya menjadi lokasi perang kelompok separatis di tahun 1990 dan 2000, namun wilayah ini kini telah ditenangkan di bawah kekuasaan tangan besi pemimpin Ramzan Kadyrov.

Dua anggota pasukan Garda Nasional terbunuh di perkampungan Chechen, pada Januari lalu, di tengah operasi bersama antara polisi dan pasukan khusus, di mana empat pemberontak terbunuh.

Wilayah kaukasus di utara Rusia merupakan salah satu wilayah utama pemasok orang bagi kelompok teroris di Suriah dan Irak. 

Di bulan Januari, Kadyrov mengatakan, pasukannya telah menahan lebih dari 50 pemberontak terkait dengan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dalam sebuah operasi keamanan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com