Kompas.com - 13/09/2018, 20:12 WIB
|

MADRID, KOMPAS.com - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Kamis (13/9/2018), membantah tuduhan telah melakukan plagiarisme tesis doktoralnya.

Bantahan ini disampaikan saat dia berada di bawah tekanan setelah menteri kesehatannya mundur akibat tuduhan yang sama.

"Informasi yang muncul di beberapa media yang mengklaim adanya plagiarisme dalam tesis doktoral saya adalah salah," ujar Sanchez lewat akun Twitternya.

Baca juga: Gelar Akademiknya Diragukan, Menteri Kesehatan Spanyol Mundur

Sebelumnya, media massa Spanyol menyebut Menteri Keehatan Carmen Monton mendapatkan gelar doktor tanpa pernah hadir di perkuliahan.

Tak hanya itu, media Spanyol menuduh Monton melakukan plagiarisme di beberapa bagian tesis doktoralnya. Monton membantah tuduhan tersebut.

"Saya akan mengambil langkah hukum untuk mempertahankan kehormatan dan martabat saya jika apa yang dipublikasikan tidak bisa dibuktikan," tambah Sanchez merujuk artikel yang dimuat harian konservatif ABC.

Artikel itu menyorot tesis doktoral Sa nchez tentang inovasi dalam diplomasi ekonomi Spanyol.

Menurut artikel itu  ditulis pada 2012 saat dia menjadi guru besar di Madrid berisi bagian yang dia jiplak kata per kata dari sebuah artikel yang ditulis seorang pakar ekonomi dan presentasi seorang mantan menteri perindustrian.

Selain harian ABC, situs berita Ok Diario juga melontarkan tuduhan yang sama terhadap Sanchez.

Sementara itu, pemimpin partai Ciudadanos yang berhaluan kanan-tengah Albert Rivera pada Rabu (12/9/2018) mendesak Sanchez mempublikasikan tesisnya itu.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.