Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hari Tersesat, Pria Ini Makan Bambu dan Minum dari Mata Air

Kompas.com - 15/05/2018, 18:23 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHENGDU, KOMPAS.com - Polisi di China dilaporkan menyelamatkan seorang pria yang tersesat selama lima hari di sebuah gunung.

Dilaporkan South China Morning Post Selasa (15/5/2018), Zhou Bo ditemukan oleh petani lokal di Gunung Bersalju Xiling di Chengdu, Sabtu (12/5/2018) siang waktu setempat.

ThePaper.cn memberitakan, Zhou ditemukan dalam keadaan kehausan di bawah pohon, dan tengah mendapat perawatan di rumah sakit.

Baca juga: Tersesat di Hutan,15 Peserta Lomba Lintas Alam Belum Ditemukan

Pria 26 tahun itu menjelaskan, awalnya dia masuk ke gunung tersebut Senin (7/5/2018) pagi setelah bertikai dengan ibunya, Yu Fang.

Berada di gunung yang dikenal sebagai resor ski terbesar di China itu, Zhou tidak membawa peralatan mendaki maupun makanan.

Dia mengaku sudah membaca buku-buku maupun menonton video tentang pendakian. Karena itu, saat mulai tersesat pada malam harinya, dia yakin masih mampu keluar dari gunung.

Namun, tanpa pengalaman, dia terpaksa meminta bantuan kepada polisi Selasa (8/5/2018) setelah baterai ponselnya bakal habis, dan gunung diselimuti kabut.

Polisi kemudian merespon dengan menerjunkan 180 orang pasukan penyelamat. Namun, tebalnya kabut membuat pencarian mereka dihentikan.

Selama empat hari berikutnya, untuk memenuhi rasa lapar, Zhou memakan bambu, dan minum dari mata air untuk mengobati dahaganya.

Pada hari kelima, seorang petani yang tengah mencari tumbuhan obat menemukan Zhou yang sudah tidak kuat lagi untuk berjalan.

"Saya bertindak tanpa persiapan yang matang, dan berjanji tidak akan melakukannya lagi di masa depan," ucap Zhou.

Baca juga: Dua Pendaki yang Tersesat di Gunung Salak Ditemukan Selamat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com