Polisi China Sita Narkoba Berbentuk Biskuit Beruang - Kompas.com

Polisi China Sita Narkoba Berbentuk Biskuit Beruang

Kompas.com - 17/04/2018, 21:51 WIB
Biskuit berbentuk beruang yang disita dari seorang tersangka kriminal di China. Setelah diteliti di dalam biskuit terkandung zat psikotropika terlarang.SCMP/DAYOO.com Biskuit berbentuk beruang yang disita dari seorang tersangka kriminal di China. Setelah diteliti di dalam biskuit terkandung zat psikotropika terlarang.

TONGLING, KOMPAS.com - Kepolisian China membongkar upaya penyelundupan narkoba yang disamarkan ke dalam bentuk biskuit dan permen berbentuk beruang.

Polisi di Tongling, Provinsi Anhui di China timur menemukan biskuit berbentuk beruang dan dibungkus dengan kertas berwarna emas dari seorang tersangka kriminal yang ditahan bulan ini.

Setelah diteliti ditemukan sejenis obat psikotropika terlarang didalamnya. Demikian dilaporkan situs Thepaper.cn dikutip SCMP.

Baca juga: Modus Penyelundupan Narkoba oleh Wanita, dari Pembalut hingga Hak Sandal

Pihak berwajib di China dalam beberapa tahun terakhir telah berulang kali menemukan makanan kemasan berbagai bentuk yang setelah diteliti ternyata mengandung narkoba.

Pada Maret lalu, petugas keamanan di bandara Xishuangbanna, selatan provinsi Yunnan juga telah menyita sekitar enam kilogram narkoba jenis metampetamin dan heroin yang disamarkan ke dalam puluhan bungkus permen.

Sebulan sebelumnya, kepolisian kereta api Shenzhen di provinsi Guangdong juga mengungkap upaya penyelundupan 0,16 kilogram obat terlarang jenis ketamin yang dikemas menjadi 100 bungkusan kecil dan disembunyikan dalam kantong besar berisi kue pie.

Tak hanya itu, polisi di China mencatat pernah mengungkap narkoba yang disamarkan menggunakan bungkus permen, cokelat, rokok, hingga kopi kemasan.

Menurut Kementerian Keamanan Publik, selama tahun 2016, aparat penegak hukum di China telah menahan hingga 168.000 tersangka terkait kasus narkoba dan menyita hingga 82 ton obat-obatan terlarang.

Baca juga: 13 Orang Pengedar Narkoba di Filipina Tewas Ditembak Polisi


Komentar
Close Ads X