Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2018, 19:28 WIB

KOMPAS.com - Pernah menjadi stuntman, aktor laga, hingga sutradara, Jackie Chan tidak pernah bisa dipisahkan dari dunia film laga Hong Kong, Asia, bahkan Hollywood.

Perjalanan karir Jackie meraih sukses selamanya mudah. Bahkan dia sempat harus mencari uang dengan bekerja sebagai pekerja konstruksi.

Di masa keemasannya, setiap film laga yang dibintangi Jackie Chan hampir pasti meraih sukses, hingga kini dia telah menjadi salah satu aktor laga Asia diakui Hollywood.

Awal Kehidupan

Lahir dari pasangan Charles dan Lee-lee Chan pada 7 April 1954 di Hong Kong, Jackie kecil memiliki nama asli Chan Kong-sang.

Panggilan Jackie didapatnya saat beranjak dewasa ketika dia tinggal di Australia bersama kedua orangtuanya yang bekerja di kantor kedutaan Amerika.

Baca juga: Ingat Usia, Jackie Chan Mulai Main Film Drama

Ketika Jackie lahir, sang ayah, Charles adalah seorang juru masak di kantor kedutaan Perancis di Hong Kong. Sementara ibunya bekerja sebagai petugas kebersihan di gedung yang sama.

Saat Jackie berusia enam tahun, keluarga ini memutuskan untuk pindah ke Australia karena pekerjaan sang ayah. Namun berselang satu tahun kemudian, Charles mengirim Jackie kembali ke Hong Kong untuk masuk ke sebuah sekolah asrama, di Akademi Drama China.

Jackie mengenal bela diri dari sang ayah yang mengajarinya setiap pagi dengan harapan kemampuan bela diri akan membantu membentuk kepribadiaan anaknya.

Di sekolah drama itu, Jackie belajar bela diri, akrobat, akting bahkan bernyanyi. Karena pada masa itu gedung opera dan pertunjukan sedang tren. Jackie pun mengawali karirnya di seni pertunjukan bersama teman-teman sekolahnya.

Sayangnya, saat Jackie lulus sepuluh tahun kemudian, pertunjukan opera tak lagi populer. Sehingga Jackie dan rekan-rekannya harus mencari pekerjaan lain.

Tak memiliki kemampuan akademik seperti membaca maupun menulis, karena memang tidak diajarkan di sekolah drama, Jackie berjuang agar bisa menjadi stuntman. Saat itu tengah booming produksi film kung-fu.

Jackie pun berkenalan dengan sejumlah produser dan sutradara yang kemudian memintanya bekerja sebagai pemeran pengganti untuk adegan laga.

Baca juga: Jackie Chan Mendapat Piala Oscar Kehormatan

Pada tahun 1972, Jackie bermain dalam film laga "Fist of Fury" bersama sang legenda, Bruce Lee. Setelah film itu, nama Jackie pun mulai dikenal di kalangan industri film China.

Setahun kemudian, dunia perfilman dikejutkan dengan kabar meninggalnya Bruce Lee. Sepeninggalan Lee, Jackie pun digadang-gadang sebagai aktor yang akan menyamai sang legenda.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.