Kompas.com - 21/03/2018, 13:41 WIB
|

TEL AVIV, KOMPAS.com - Angkatan bersenjata Israel (IDF) merilis rincian serangan udara yang menghancurkan bangunan yang diyakini adalah reaktor nuklir Suriah.

Bangunan yang terdapat di Deir ez-Zor, Suriah itu dihancurkan pada 6 September 2007. Ini adalah kali pertama Israel secara resmi mengakui telah melakukan serangan ke Suriah.

Selama lebih dari satu dekade, Israel selalu menolak mengakui serangan terhadap bangunan yang diduga sebagai reaktir nuklir itu.

Meski pada Oktober 2017, IDF secara tak langsung mengakui serangan itu dengan mencabut sebagian sensor terhadap peliputan media terkait insiden tersebut.

Baca juga : Serangan Udara Israel ke Gaza Tewaskan 2 Warga Palestina

Namun, pemerintah Israel tetap melakukan sensor terhadap rincian target serangan udara tersebut.

Pada Rabu (21/3/2018) pagi, AU Israel akhirnya mengakui bahwa operasi rahasia itu memang terjadi sembari merilis sejumlah rincian dan foto serangan.

"Pada 5 dan 6 September 2007 malam, AU Israel menghancurkan fasilitas nuklir yang sedang memasuki tahap terakhir pembangunan di wilayah Deir ez-Zor, Suriah, 450 kilometer sebelah timur laut Damaskus," demikian pernyataan pers AU Israel.

"Empat pesawat jet F-16 menghancurkan fasilitas nuklir yang tak hanya menjadi ancaman bagi Israel tetapi juga bagi seluruh kawasan," tambah AU Israel.

Keputusan untuk menghancurkan fasilitas itu diambil berdasarkan informasi  yang dikumpulkan direktorat intelijen militer yang memantau pembangunan fasilitas itu selama dua tahun.

"Fasilitas itu akan aktif pada akhir 2007. Inilah yang memicu IDF memutuskan untuk menyerang fasilitas tersebut," masih AU Israel.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.