Kompas.com - 15/03/2018, 19:43 WIB
|

LONDON, KOMPAS.com - Dua buah misil raksasa buatan Uni Soviet, salah satunya berukuran sebesar bus, dilelang dan diharapkan terjual dengan harga minimal 30.000 poundsterling atau Rp 575 juta.

Apakah kedua benda itu berbahaya? Tentu saja tidak. Sebab kedua peluru kendali itu sudah tidak aktif lagi. Demikian disampaikan penyelenggara lelang Summers Palace Auction di Billinghurst, Inggris.

Salah satu peluru kendali yang dilelang adalah sebuah Ganef SA-4 yang mampu mengangkut hulu ledak seberat 150 kilogram.

Peluru kendali Ganef ini berukuran panjang sembulan meter dan lebar tiga meter atau kurang lebih sama dengan sebuah bus.

Baca juga : Produksi Misil Iran Naik hingga Tiga Kali Lipat

Satu peluru kendali lain  yang dilelang adalah sistem pertahanan udara 2K11 Krug 1968 yang pertama kali diperkenalkan pada sebuah parade militer di Moskwa pada Mei 1965.

Di masanya, peluru kendali Krug ini amat ditakuti karena bisa melesat 4 kali kecepatan suara dengan jarak tembak efektif hingga 55 kilometer.

"Peluru-peluru kendali ini merupakan ikon Perang Dingin dan kami amat senang bisa menawarkannya sebagai bagian dari seni industrial," direktur Summer Palace Auction, Rupert van der Werff.

"Kami sudah mendapatkan peminat untuk benda-benda ini terutama dari para kolektor selain dari para direktur perusahaan," tambah Van der Werff.

Lelang misil era Perang Dingin itu muncul di hari yang sama Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pengusiran para diplomat Inggris dari Moskwa.

Pengusiran itu dilakukan sebagai balasan atas tindakan serupa yang dilakukan PM Inggris Theresa May terhadap 23 agen mata-mata Rusia.

Baca juga : Foto Satelit Tampilkan Basis Militer dan Gudang Misil Iran di Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.