Salin Artikel

Dua Misil Buatan Uni Soviet di Era Perang Dingin Dilelang

Apakah kedua benda itu berbahaya? Tentu saja tidak. Sebab kedua peluru kendali itu sudah tidak aktif lagi. Demikian disampaikan penyelenggara lelang Summers Palace Auction di Billinghurst, Inggris.

Salah satu peluru kendali yang dilelang adalah sebuah Ganef SA-4 yang mampu mengangkut hulu ledak seberat 150 kilogram.

Peluru kendali Ganef ini berukuran panjang sembulan meter dan lebar tiga meter atau kurang lebih sama dengan sebuah bus.

Satu peluru kendali lain  yang dilelang adalah sistem pertahanan udara 2K11 Krug 1968 yang pertama kali diperkenalkan pada sebuah parade militer di Moskwa pada Mei 1965.

Di masanya, peluru kendali Krug ini amat ditakuti karena bisa melesat 4 kali kecepatan suara dengan jarak tembak efektif hingga 55 kilometer.

"Peluru-peluru kendali ini merupakan ikon Perang Dingin dan kami amat senang bisa menawarkannya sebagai bagian dari seni industrial," direktur Summer Palace Auction, Rupert van der Werff.

"Kami sudah mendapatkan peminat untuk benda-benda ini terutama dari para kolektor selain dari para direktur perusahaan," tambah Van der Werff.

Lelang misil era Perang Dingin itu muncul di hari yang sama Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan pengusiran para diplomat Inggris dari Moskwa.

Pengusiran itu dilakukan sebagai balasan atas tindakan serupa yang dilakukan PM Inggris Theresa May terhadap 23 agen mata-mata Rusia.

https://internasional.kompas.com/read/2018/03/15/19430951/dua-misil-buatan-uni-soviet-di-era-perang-dingin-dilelang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke