Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nama Putri Saddam Hussein Masuk Daftar Buronan Irak

Kompas.com - 05/02/2018, 09:05 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


BAGHDAD, KOMPAS.com - Pasukan keamanan Irak pada Minggu (4/2/2018) menerbitkan 60 nama buronan karena dicurigai terlibat dalam kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah, Al Qaeda, dan Partai Baath.

Partai Baath merupakan partai yang pernah dipimpun oleh mendiang diktator Irak, Saddam Hussein.

Dilansir dari AFP, daftar nama buronan tersebut juga mencantumkan nama putri Saddam, Raghad, yang saat ini tinggal di Yordania.

Daftar tersebut berisi nama dari 28 anggota ISIS, 12 anggota Al Qaeda, dan 20 anggota Partai Baath. Selain nama, daftar juga memuat rincian peran mereka dalam masing-masing organisasi.

Baca juga : Darboune, Gang Tersempit di Arab Ini Ada di Irak

Semua orang yang masuk daftar merupakan penduduk Irak, kecuali Maan Bashour, seorang pria Lebanon yang dituduh merekrut sesama warga untuk berperang di Irak.

"Ini cerita lama yang berawal dari invasi orang Amerika ke Irak saat kami menjadi pendukung perlawanan Irak," kata Bashour kepada AFP.

"Ya, kami melakukan aktivitas untuk melawan pendudukan Amerika Serikat," tambahnya.

Nama pimpinan ISIS yang sulit ditangkap, Abu Bakr Al Baghdadi justru tidak masuk dalam daftar. Seorang pejabat keamanan senior Irak yang enggan disebutkan namanya menolak untuk menjelaskan alasannya.

"Daftar itu memuat teroris yang paling dicari oleh otoritas kehakiman dan pasukan keamanan," katanya.

Baca juga : Koalisi AS Tidak Sengaja Serang Pasukan Irak, 8 Orang Tewas

Anggota ISIS yang masuk dalam daftar adalah mereka yang terlibat dalam pertempuran di Mosul dan provinsi sekitarnya seperti Niniwe, Kirkuk, Diyala, dan Anba.

ISIS merebut sepertiga wilayah Irak dalam pemberontakan pada 2014. Namun, berhasil dipukul mundur olehg pasukan keamanan yang didukung oleh koalisi pimpinan AS.

Anggota ISIS yang masuk daftar buronan juga dituduh melakukan pembunuhan, pemboman, serangan terhadap pasukan keamanan, kejahatan keuangan, dan pengangkutan senjata.

Nama mantan perwira organisasi paramiliter Saddam, Fawaz Mohammad Mutlaq, yang menjadi anggota dewan militer ISIS juga masuk ke dalam daftar buronan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com