Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Film Animasi Awali Dibukanya Kembali Bioskop di Arab Saudi

Kompas.com - 18/01/2018, 23:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Warga Arab Saudi akhirnya dapat menikmati hiburan bioskop setelah larangan yang berlaku selama 35 tahun dicabut.

Dua film animasi keluarga mengawali dibukanya kembali bioskop di kerajaan itu yang baru akan resmi berlaku Maret mendatang.

Menjelang pencabutan larangan yang baru resmi dua bulan mendatang sebuah pusat kebudayaan yang dikelola negara di Jeddah, yang memiliki wewenang atas proyektor, karpet merah dan juga mesin popcorn menggelar pemutaran awal dua film animasi.

Kedua film yang diputar pada Sabtu (13/1/2018) itu adalah The Emoji Movie dan Captain Underpants. Anehnya kedua film itu sebenarnya tidak cukup mendapat penilaian positif dari masyarakat.

Baca juga: Setelah 35 Tahun, Arab Saudi Buka Bioskop Pertama Tahun Depan

Hingga muncul sindiran, setelah kedua film tersebut diputar, maka segera pemerintah akan kembali memberlakukan larangan terhadap bioskop.

Terlepas dari hal tersebut, meski tinggal dalam hitungan bulan, namun ternyata infrastruktur untuk membuka bioskop di Arab Saudi belum tersedia.

"Sampai sekarang belum ada infrastruktur untuk bioskop, jadi kami mencoba memanfaatkan tempat alternatif untuk mendekati bentuk sinematik sebuah bioskop," kata Mamdouh Salim, pemilik Cinema 70 yang menyelenggarakan pemutaran awal film selama seminggu.

"Kami mencoba menggunakan film-film ini untuk menjadi titik awal sebagai screening sinematik pertama setelah keputusan pada tanggal 11 Desember untuk mengizinkan bioskop," tambahnya.

Bioskop dilarang di kerajaan Saudi pada awal tahun 1980-an setelah mendapat tekanan dari kelompok Islam yang menolak hiburan seperti musik dan film.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, Putra Mahkota Mohammed bin Salman memimpin program reformasi modern yang dikenal sebagai Visi 2030.

Baca juga: Bioskop Porno Terakhir di Perancis Gulung Tikar

Putra Mahkota ingin menghidupkan kembali ekonomi Saudi dengan melakukan diversifikasi dari ketergantungannya pada ekspor minyak dan mendorong pengeluaran domestik melalui penciptaan bioskop, tempat musik dan taman hiburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com