Kompas.com - 24/11/2017, 22:21 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

HARARE, KOMPAS.com - Zimbabwe telah resmi memiliki presiden baru dengan dilantiknya Emmerson Mnangagwa menggantikan Robert Mugabe yang mengundurkan diri.

Mulai resmi menjabat sebagai presiden usai mengucap sumpah saat pelantikan yang digelar Jumat (24/11/2017), Mnangagwa berjanji akan ada pemilu yang adil dan bebas tahun depan.

Mnangagwa menjanjikan ajang demokrasi untuk memilih presiden tersebut akan dilaksanakan sesuai jadwal.

Baca juga: Sekilas Emmerson Mnangagwa, Presiden Baru Zimbabwe

"Pemilu akan dilangsungkan secara bebas dan adil tahun depan. Dan suara rakyat akan didengar," kata Mnangagwa.

Mantan wakil presiden di era kepemimpinan Mugabe itu juga menyerukan pemberantasan korupsi dan memberi ganti rugi pada petani.

Mnangagwa menjadi presiden kedua Zimbabwe sejak memasuki masa kemerdekaan pada 1980, menggantikan Mugabe yang telah berkuasa selama 37 tahun.

Meski hubungannya dengan mantan presiden Mugabe kurang baik usai dipecat tiga minggu lalu, namun Mnangagwa menekankan jasa pendahulunya pada negara tidak bisa dilupakan.

"Dia (Mugabe) telah berjuang untuk kemerdekaan kita (Zimbabwe). Mari kita semua mengakui dan menerima kontribusi besarnya kepada bangsa kita," ujar sang presiden baru.

Baca juga: Emmerson Mnangagwa Resmi Menjabat Presiden Zimbabwe

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.