Kompas.com - 24/11/2017, 17:48 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

HARARE, KOMPAS.com — Zimbabwe resmi memiliki presiden baru. Wakil presiden yang sempat dipecat, Emmerson Mnangagwa, telah dilantik dan mengucap sumpah sebagai presiden.

Prosesi pelantikan dilangsungkan di stadion olahraga nasional Harare, Jumat (24/11/2017), dengan dihadiri puluhan ribu warga Zimbabwe dan pendukung Mnangagwa.

Mnangagwa menggantikan presiden sebelumnya, Robert Mugabe, yang mengundurkan diri setelah didesak militer.

Baca juga: Calon Presiden Baru Zimbabwe Ternyata Gemar Mengenakan Batik

Sempat tersingkir dan dipecat dari posisi wakil presiden karena berselisih dengan istri Mugabe, Mnangagwa sukses membalik keadaan dan menempati posisi pemimpin tertinggi Zimbabwe.

"Saya Emmerson Dambudzo Mnangagwa bersumpah bahwa sebagai presiden Republik Zimbabwe saya akan setia kepada Zimbabwe, mematuhi, menjunjung tinggi, dan mempertahankan konstitusi dan undang-undang Zimbabwe," ujarnya saat diambil sumpahnya di hadapan hakim agung.

Puluhan ribu warga Zimbabwe memadati Stadion Olahraga Nasional Harare untuk menyaksikan secara langsung proses pelantikan presiden baru mereka.

Sejumlah penembak jitu bersiaga di sekitar stadion di tengah ketatnya pengamanan setelah pendukung Mnangagwa mulai memasuki lokasi dengan diiringi tarian dan musik.

Baca juga: Inggris Kirim Utusan Jelang Pelantikan Pemimpin Baru Zimbabwe

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.