Kompas.com - 22/11/2017, 11:25 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


MANILA, KOMPAS.com - Petinju legendaris asal Filipina yang kini menjadi senator sejak tahun lalu, Manny Pacquiao, mengaku muak dengan politik dan berulang kali ingin mengundurkan diri.

Dilansir dari The Philippine Star, Rabu (22/11/2017), Pacquiao mengatakan, tidak sedikit orang berpendidikan yang terpilih menjadi senator, mengingat kehidupan di Filipinan belum sepenuhnya membaik.

Namun, dia tidak bisa membedakan orang jujur dengan mereka yang palsu. Menurutnya, orang-orang di senat cenderung 'berwajah ganda'.

"Saya merasa cemas dan putus asa. Saya ingin melepaskannya, karena saya tidak terbiasa berpolitik," katanya.

Baca juga : Manny Pacquiao Setuju Hukuman Mati

Ini pertama kalinya bagi Pacquiao untuk mengungkapkan kegelisahannya ke publik tentang situasi politik yang dialaminya. Biasanya, dia hanya membaginya pada istri dan beberapa kawan dekatnya.

"Yang penting adalah seseorang yang benar dan tulus, serta berjuang untuk pengentasan kemiskinan," katanya.

"Banyak orang kaya yang tahu masalah di negara ini, tapi mereka tidak merasakan bagaimana nasib orang miskin. Hal ini akan berbeda jika mereka pernah merasakan miskin," ucapnya.

Pria berjuluk Pacman ini pernah hidup dalam kemiskinan, ketika masih berjuang menjadi petinju di kampung halamannya, di General Santos.

Baca juga : Roach Minta Pacquiao untuk Pensiun

Pria kelahiran 1978 ini juga masih berpikir untuk mengikuti pemilihan kembali pada 2022.

Pacquiao merupakan petinju pertama yang berhasil merebut tujuh gelar di tujuh kelas yang berbeda. Dia dikenal karena memiliki gaya bertinju yang kidal.

Kendati pukulan kirinya mematikan tetapi dalam kesehariannya, dia bukan orang kidal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.