Kompas.com - 28/07/2017, 20:46 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SEVASTOPOL, KOMPAS.com - Semenanjung Crimea yang dicaplok Rusia, kini berada dalam kondisi gelap gulita, setelah putusnya pasokan listrik, Jumat (28/7/2017).

Putusnya aliran listrik di Crimea menunjukkan betapa rentannya pasokan energi ke wilayah semenanjung di Laut Hitam, meski telah tiga tahun diambil Rusia dari Ukraina.

"Listrik telah benar-benar dimatikan di Crimea," kata Menteri Energi wilayah setempat, Vadim Belik, seperti dikutip AFP dari kantor berita Rusia.

Belik mengatakan, sebuah penutupan di wilayah Krasnodar, Rusia menyebabkan pemadaman tersebut. 

Dia menyebutkan, pihak berwenang berusaha memperbaiki empat saluran listrik untuk memberikan aliran energi ke kawasan tersebut. 

Baca: Rusia Gelar Latihan Perang Besar-besaran di Semenanjung Crimea

Sementara, Kementerian Energi Rusia mengatakan, sistem darurat di Krasnodar menutup pasokan karena terlalu panas.

Televisi pemerintah Rusia melaporkan, pemadaman tersebut menyebabkan malapetaka, setelah lampu lalu lintas terputus dan bus-bus listrik terhenti.

Ukraina berhenti memasok energi ke Crimea pada akhir 2015. Sehingga wilayah ini bergantung pada kabel bawah air yang mengalir dari Rusia.

Sejak saat itu, krisis energi pun kerap terjadi di kawasan itu. 

Moskwa berupaya meningkatkan kapasitas pembangkit listrik Crimea, namun misi tersebut telah terhambat oleh sanksi Barat yang ketat di semenanjung tersebut.

Baca: Inggris Desak Rusia Tarik Pasukannya dari Crimea

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.