Kompas.com - 05/06/2017, 14:44 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DOHA, KOMPAS.com –  Permerintah Qatar, Senin (5/6/2017), memprotes keras langkah tiga negara Teluk Arab dan Mesir yang memutuskan hubungan diplomatikan secara sepihak dengan Doha.

Pemutusah hubungan itu dinilai Doha sebagai tindakan “tidak dapat dibenarkan” dan bertujuan untuk melakukan pengawasan politik.

"Langkah-langkah tersebut tidak dapat dibenarkan dan didasarkan pada klaim palsu dan tidak berdasar," kata Kementerian Luar Negeri Qatar dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu mengacu pada langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang dilakukan oleh Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab (UEA), dan Mesir.

"Tujuannya jelas, dan ini sama dengan memberlakukan pengawasan pada Qatar dan dengan sendirinya merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan (Qatar) sebagai sebuah negara," tambahnya.

Baca: Empat Negara Arab Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Empat negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi sebelumnya memutuskan hubungan diplomatik dengan QatarSelanjutnya, negara-negara menutup akses ke negara Teluk tersebut.

Hal ini merupakan dampak dari meningkatkan krisis yang dimulai dari hubungan Qatar dengan Iran dan dukungan terhadap Ikhwanul Muslimin.

Pemerintah Arab, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan tentang keputusan itu, seperti dilansir laman Bloomberg, Senin (5/6/2017).

Keempat negara tersebut akan menangguhkan perjalanan udara dan laut dari dan ke Qatar.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.