Kompas.com - 05/06/2017, 11:03 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Empat negara Arab yang dipimpin oleh Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Selanjutnya, negara-negara itu menutup akses ke negara Teluk tersebut.

Hal ini merupakan dampak dari meningkatkan krisis yang dimulai dari hubungan Qatar dengan Iran dan dukungan terhadap Ikhwanul Muslimin.

Pemerintah Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan tentang keputusan itu, seperti dilansir laman Bloomberg, Senin (5/6/2017).

Keempat negara tersebut akan menangguhkan perjalanan udara dan laut dari dan ke Qatar.

Selain itu, Arab Saudi juga akan menutup penyeberangan darat dengan negara tetangganya itu.

Demikian diwartakan Kantor Berita Arab Saudi, yang menyebut kebijakan itu berpotensi merampas nilai impor kerajaan tersebut. 

Arab Saudi menjadikan dukungan Qatar terhadap kelompok teroris yang bertujuan untuk mengacaukan wilayah Teluk, sebagai alasan utama.

Dukungan itu diberikan Qatar termasuk kepada kelompok Ikhwanul Muslimin, Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan kelompok teroris Al-Qaeda.

Arab Saudi menuduh Qatar mendukung kelompok teroris yang didukung Iran yang beroperasi di provinsi timur kerajaan tersebut, dan juga Bahrain.

Arab Saudi, bersama Bahrain, dan Uni Emirat Arab, memberi waktu 48 jam bagi para diplomat Qatar untuk pergi dari negara tersebut.

Baca: Mesir Tuduh Anggota Ikhwanul Muslimin Dalang Peledakan Gereja Koptik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.