Kompas.com - 30/05/2017, 07:14 WIB
EditorErvan Hardoko

ZAMBOANGA CITY, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah menerima tawaran pemimpin Front Nasional Pembebasan Moro (MNLF) untuk mengerahkan anggotanya membantu tentara melawan kelompok militan Maute.

Saat mengunjungi para tentara yang terluka di Jolo, Sabtu (27/5/2017), Duterte menyerukan agar Front Pembebasan Islam Moro (MILF) dan Tentara Rakyat Baru (NPA) mengikuti langkah Nur Misuari.

Baca: Benarkah Kelompok Teroris Maute Telah Kuasai Kota Marawi?

Saat itu, Duterte mengutip penggalan surat yang dikirimkan Nur Misuari yang mengatakan 5.000 pejuang MNLF akan dikerahkan untuk melawan teroris.

Dalam surat itu, ujar Duterte, insiden di Marawi menjadi kesempatan bagi MNLF untuk menunjukkan niat baik mereka membantu pemerintah memulihkan perdamaian di Mindanao, terutama di Marawi.

Kini, Presiden Duterte tengah mempertimbangkan tawaran itu termasuk usulan agar meminta bantuan MILF dan NPA untuk melawan Maute.

Sebagai imbalan, pemerintah akan membayar para gerilyawan itu dengan jumlah uang dan tunjangan seperti yang diterima anggota militer Filipina.

"Saya meminta kepada para pejuang MILF dan MNLF bahwa konflik ini akan berjalan lama dan jika kalian ingin bergabung bersama republik, saya akan memperlakukan kalian seperti tentara," ujar Duterte.

"Saya akan memberikan hak-hak yang sama kepada kalian seperti kepada tentara dan saya juga akan membangunkan rumah bagi kalian di beberapa daerah," tambah dia.

Duterte juga menyeru kepada pemberontak komunis NPA agar meninggalkan pemimpin mereka untuk bergabung dengan tentara dan memerangi teroris ISIS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.